Peningkatan Kapasiatas Pembinan Tingkat Puskesmas 2024

Saka Bakti Husada memiliki kegiatan dalam bentuk krida bidang kesehatan, yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum muda, khususnya anggota Saka Bakti Husada, sehingga mereka mampu bersikap dan berperilaku hidup sehat, menjadi contoh  teman sebaya, keluarga dan masyarakat di lingkungannya, serta mau dan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat. Dalam jangka panjang, krida bidang kesehatan akan turut meningkatkan jangkauan dan cakupan  layanan kesehatan, utamanya upaya kesehatan masyarakat (UKM), seperti: pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya imunisasi, pencegahan HIV AIDS, TB-Paru, dan Malaria, serta pengendalian vektor penyakit.
Sebagai upaya untuk membentuk kader Saka Bakti Husada yang berdaya, perlu dilakukan upaya peningkatan kapasitas pembina Saka Bakti Husada Tingkat Puskesmas. Kegiatan ini perlu dilakukan agar para pembina di tingkat Puskesmas dapat lebih memahami dan mampu menerapkan, serta memberikan pengetahuan tentang penerapan krida kepada siswa yang menjadi kader Saka Bakti Husada di wilayahnya masing-masing.


Kegiatan peningkatan kapasitas pembina tingkat Puskesmas ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso pada hari Sabtu (28 September 2024) di Lapangan Desa Gebang Kecamatan Tenggarang, dari Jam 08.00 hingga 15.00 WIB.  Petugas yang bertindak sebagai peserta yaitu sebanyak 6 orang, terdiri dari 4 tenaga perawat, 1 orang tenaga sanitarian dan 1 orang tenaga promosi kesehatan.  Jenis lomba yang diikuti yaitu : lomba krida SBH, lomba Teknik kepramukaan dan lomba pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

Share Berita Ini