Pelaksanaan BIAS UPTD Puskesmas Wonosari

BIAS adalah program imunisasi lanjutan yang diberikan kepada anak-anak sekolah dasar setiap tahunnya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap berbagai penyakit, seperti campak, rubella, difteri, tetanus, dan kanker serviks.Pemberian imunisasi ini merupakan booster (ulangan) terhadap kekebalan yang pernah didapat pada saat bayi, dimana saat usia anak sekolah kekebalan sudah mulai turun.Sasaran imunisasi vaksin ini adalah anak-anak Sekolah Dasar/MI atau sederajad yaitu kelas 1 ,2 , 5 dan 6.Untuk kelas I adalah imunisasi campak Rubella dan Dt, kelas II adalah imunisasi Td (Tetanus Dipteria), sedangkan kelas V Td ( Tetanus Dipteri ) dan HPV ( Human Papiloma Virus) dan IV adalah  dan HPV ( Human Papiloma Virus).khusus Vaksin HPV diberikan pada siswa kelas 5 dan 6 siswa Perempuan saja. Pelaksanaan bulan BIAS ini dilakukan setiap satu tahun sekali.Pemberian imunisasi ini dilakukan oleh para petugas UPTD Puskesmas Wonosari.


Pemberian vaksin ini tidak mengalami kendala di lapangan mengingat sebelumnya telah dilakukan sosialisasi pada masyarakat khususnya para orang tua. Orang tua tidak keberatan anaknya diberi imunisasi tambahan meskipun anak sehat, namun jika anak dalam kondisi sakit tidak kita imunisasi agar tak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan katanya. Jikalau ada anak yang tak masuk pada waktu pemberian vaksin maka pihaknya sudah mengantisipasinya dengan menganjurkan anak untuk diberi vaksin di Sekolah Dasar lain jika ada jadwal atau diantarkan ke UPTD Puskesmas Wonosari.

Walaupun di Wilayah Wonosari tidak terjadi kasus yang menyangkut virus campak, DPT atau TT namun pemberian ini akan terus dilakukan setiap tahun sekali. Kita harapkan jika anak usia SD kita beri vaksin maka, dia akan bertahan terhadap virus tersebut selama 15-25 tahun tergantung jenis vaksinnya.

Share Berita Ini