Kegiatan aksi bergizi di SMK Miftahul Ulum Desa Tumpeng UPTD Puseksmas Wonosari

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai usia lanjut.
Menanggulangi hal tersebut, pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui pendidikan gizi seimbang, fortifikasi pangan, dan suplementasi Tablet Tambah Darah (TTD). Suplementasi TTD 1 tablet per minggu sepanjang tahun bagi remaja putri usia 12–18 tahun yang berada di jenjang pendidikan SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Walaupun pemberian TTD pada remaja putri sudah dilakukan, prevalensi anemia masih cukup tinggi.

 
Kegiatan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan tiga intervensi utama, yaitu (1) Sarapan dan Minum TTD bersama di sekolah/madrasah setiap minggu; (2) Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik; serta (3) Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif. Implementasi program Aksi Bergizi tentunya diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat .
Aksi bergizi ini disambut baik oleh pihak Sekolah dengan ikut membantu Puskesmas melakukan rangkaian acara penggerakan Aksi Bergizi berupa kegiatan senam, tujuan untuk mengajarkan kepada Siswi aktivtas fisik supaya jauh dari kata mager. Sarapan bersama, mengajarkan pentingnya asupan nutrisi di pagi hari agar bisa optimal melakukan kegiatan belajar. Minum tablet tambah darah, ini yang terpenting agar Siswi tidak mengalami anemia, kemudian ada penyampaian materi oleh dokter dari Puskesmas yakni materi tentang pencegahan anemia. Penjelasan isi piringku disampaikan oleh petugas Gizi Puskesmas, merupakan metode pengenalan komponen makanan yang bergizi seimbang agar remaja tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan instan, dan yang terakhir adalah games dan foto bersama untuk memeriahkan kegiatan.Pada hari Sabtu tanggal 7 September 2024, UPTD Puskesmas Wonosari menyelenggarakan kegiatan Aksi Bergizi di SMK Miftahul Ulum Tumpeng. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran remaja putri kita untuk makan makanan bergizi seimbang dan konsumsi TTD secara rutin. Kegiatan ini dilakukan oleh Petugas Promkes, Petugas Gizi, Koordinator Anak Usia Sekolah dan Remaja bersama petugas kesehatan desa setempat.

.

Share Berita Ini