Gerakan TOSS TBC (Temukan, Obati Sampai Sembuh TBC) UPTD Puskesmas Wonosari

Gerakan TOSS TBC (Temukan, Obati Sampai Sembuh TBC) masih terus berlanjut. Pada hari Senin tanggal 7 Oktober 2024, Pemerintah Desa Bendoarum bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Wonosari menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyakit TBC.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala  Camat Wonosari. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi TBC merupakan kewajiban bagi desa. Untuk melaksanakan kegiatan ini menggunakan Anggaran Dana Desa tahun 2024. Harapannya, kegiatan ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat melalui kader Posyandu, PKK, perangkat desa, dan perwakilan warga. Mengingat TBC merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi masyarakat. Diharapkan, nantinya bisa berlanjut melalui program-program yang bisa mencegah penularan TBC.

TBC menyebar melalui udara ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Berikut langkah penting untuk mencegah TBC :

1. Vaksinasi BCG sesuai dengan jadwal imunisasi yang dianjurkan oleh pemerintah.

2. Deteksi dini jika mengalami gejala TBC dan pengobatan sampai tuntas.

3. Makan makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Menjaga sirkulasi udara yang baik dengan cara membuka pintu dan jendela tiap pagi supaya rumah mendapatkan udara segar.

5. Penerangan yang cukup karena sinar matahari dapat membantu membunuh bakteri TBC di udara dan permukaan.

6. Rutin membersihkan rumah, disarankan menggunakan disinfektan pada area yang sering disentuh untuk membantu membunuh bakteri yang mungkin ada.

7. Olahraga rutin.

8. Tidak merokok.

9. Terapkan etika batuk saat batuk atau bersin.

10. Tidak membuang dahak atau meludah di sembarang tempat.

 

Menjaga kesehatan keluarga dari ancaman TBC adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan dan memberikan edukasi kepada seluruh anggota keluarga, kita bisa menciptakan lingkungan rumah yang sehat dan bebas dari TBC

Share Berita Ini